7 Aplikasi Terbaik untuk Merekam Layar Laptop Secara Gratis

Anda dapat melakukan banyak hal di rumah selama pandemi, termasuk belajar mengajar. Untuk merekam video pembelajaran, Anda harus menggunakan aplikasi untuk merekam layar laptop:

Aplikasi untuk Merekam Layar Laptop yang Gratis

  1. Aplikasi Open Broadcaster Software OBS Studio adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda merekam dan streaming layar laptop Anda tanpa batas waktu atau watermark. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda membagikan rekaman layar Anda secara langsung ke berbagai platform seperti Mixer, Twitch, DailyMotion, dan YouTube.

Salah satu fitur OBS Studio yang menarik adalah efek mask, koreksi warna, crop, green screen, dan pengurangan suara. Dengan tombol pintas yang dapat disesuaikan, aplikasi ini dapat merekam area tertentu atau seluruh layar.

  1. Aplikasi TinyTake ini sangat disarankan karena harganya yang terjangkau dan memiliki kemampuan untuk merekam layar laptop Anda secara gratis, sehingga Anda tidak perlu khawatir laptop Anda akan menjadi lebih berat setelah diinstal.

TinyTake adalah aplikasi yang ideal untuk pemula dengan kebutuhan merekam dasar karena fitur merekamnya yang menyenangkan yang memungkinkan anotasi dengan memasukkan grafik dari penyimpanan lokal laptop.

  1. TuneFab Screen Recorder: Aplikasi gratis lainnya untuk merekam layar laptop Anda adalah TuneFab Screen Recorder. Ini memungkinkan Anda merekam layar laptop Anda tanpa watermark. Semua video yang diambil dari kamera layar laptop akan disimpan dalam format MP4 atau WMV.

Selain merekam suara, TuneFab Screen Recorder juga dapat anotasi layar, suara, dan kursor.

  1. Active Presenter—Aplikasi gratis ini berbeda dari aplikasi perekam layar laptop lainnya karena memungkinkan merekam dan mengedit video. Meskipun aplikasi ini gratis, layar yang direkam tidak memiliki watermark.

Banyak fitur aplikasi Active Presenter, termasuk memotong, memangkas, mengubah kecepatan, mengatur volume, dan menambahkan teks tanpa biaya.

Selain itu, lihat Aplikasi Booth Photo untuk Laptop Windows 10.

  1. Free Cam: Ini adalah aplikasi perekam layar yang dapat digunakan secara gratis dan memungkinkan Anda merekam layar laptop Anda untuk membuat presentasi atau e-learning video. Rekaman yang dibuat tidak dilindungi oleh watermark.

FreeCam memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengunci rekaman di aplikasi tertentu. Anda dapat merekam sebagian layar atau seluruh layar dengan editor dan audio bawaan aplikasi, yang membantu Anda membuat video yang lebih profesional.

  1. CamStudio adalah aplikasi perekam layar laptop yang mudah digunakan yang bagus untuk pemula. Ini membuat file AVI dan kemudian mengubahnya menjadi file SWF.

Karena tidak banyak fiturnya, CamStudio tidak cocok untuk profesional. Kemampuan untuk memilih kualitas setelah merekam layar adalah keunggulan aplikasi ini; untuk pemula yang membutuhkan file berukuran kecil, aplikasi ini adalah pilihan yang bagus.

  1. PowerPoint: Banyak orang sekarang menggunakan fitur PowerPoint untuk tujuan lain, seperti membuat desain atau merekam layar laptop, meskipun awalnya dimaksudkan untuk membuat dokumen presentasi.

Dengan PowerPoint, sangat mudah merekam layar laptop. Anda dapat merekam sebagian atau seluruh layar dengan pergi ke tab insert. Kemampuan untuk merekam layar ada di setiap versi Microsoft Office yang dirilis setelah tahun 2013.

Anda dapat merekam layar laptop Anda dengan salah satu dari tujuh aplikasi gratis yang tersedia di sini; pilih yang paling Anda butuhkan untuk memaksimalkan penggunaan layar tanpa mengganggu kinerja laptop. Saya ingin Anda tetap produktif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *